SBMPTN-730x355 SBMPTN 2017 Dan Tips-Tipsnya

SBMPTN merupakan salah satu tes untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN).  Selain itu, ada nama SNMPTN (seleksi jalur undangan yang dinilai dari prestasi di sekolah) dan Ujian Mandiri (ujian yang diselenggarakan di tiap universitas).

Dahulu, SBMPTN dikenal dengan nama Sipenmaru (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru), UMPTN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri), SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru), serta SNMPTN Tulis. Nah, supaya nggak rancu dengan SNMPTN jalur undangan, maka nama tes ini diubah menjadi SBMPTN. Ada sih jalur lain, yaitu PMDK. Ini semacam penerimaan langsung, namun sangat terbatas. Biasanya, hanya untuk anak-anak berprestasi “tingkat dewa”, alias pinter banget, dan dari sekolah  unggulan.

Tahu nggak guys, berapa kuota penerimaan mahasiswa melalui jalur SBMPTN?

Kuota penerimaan lewat jalur SBMPTN minimal adalah 30 %.

Yang bisa ikutan SBMPTN 2017 adalah lulusan SMA, SMK dan sederajat, tahun 2017, 2016 dan 2015. Baik lulusan 2016 dan 2015 yang belum kuliah, yang sudah kuliah, yang sudah di terima di PTN dengan jalur lain atau yang sudah diterima SBMPTN di tahun sebelumnya, boleh ikutan SBMPTN 2017. Tiap tahun, jadwal pendaftaran SBMPTN berlangsung setelah SNMPTN. Tes dan pengumumannya juga setelah SNMPTN.

Sudah tahu belum jadwal SBMPTN tahun ini?

Kalau belum tahu baca ini betul-betul ya!!

Jadwal Penting SBMPTN 2017

  1. Video Tata Cara Pendaftaran Online SBMPTN dapat diunduh mulai tanggal 4 April 2017.
  2. Pendaftaran Online SBMPTN (PBT dan CBT) dibuka mulai tanggal 11 April 2017 pukul 08.00 WIB sampai dengan tanggal 5 Mei pukul 22.00 WIB.
  3. Ujian tertulis (PBT dan CBT) dilaksanakan pada tanggal 16 Mei 2017.
  4. Ujian Keterampilan (bagi peserta yang memilih program studi tertentu) dilaksanakan pada tanggal 17 dan/atau 18 Mei 2017.
  5. Pengumuman hasil seleksi SBMPTN dapat diakses melalui laman http://sbmptn.ac.id  dan laman mirror di beberapa PTN mulai tanggal 13 Juni 2017 pukul 14.00 WIB.

(sumber : https://sbmptn.ac.id/?mid=20)

ugm

Tes  SBMPTN hanya berlangsung dalam satu hari, bersamaan antara kelompok soal Sosial Humaniora (IPS), Sains Teknologi  (IPA) dan yang ikutan kedua tesnya alias Ilmu Pengetahuan Campuran. Hanya beda waktu tes aja, antara IPA, IPS dan IPC. Materi tesnya adalah Tes Kemampuan dasar dan Potensi Akademik (sama untuk IPA, IPS, dan IPC), tes Sains Teknologi (untuk IPA) yang mencakup Matematika, Biologi, Fisika, dan Kimia serta Tes Sosial Humaniora (untuk IPS) yang mencakup Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi.

Lokasi tempat tes berlagsung biasanya sudah ditentukan oleh panitia SBMPTN yang tersebar di sekolah/universitas/gedung di kota masing-masing. Biasanya, peserta dari berbagai sekolah akan diacak penempatannya dan digabung dengan sekolah lain. Ujian SBMPTN terbagi 2 jenis, yaitu PBT (Paper Based Testing) dan CBT (Computer Based Testing). Pada prinsipnya kedua tes ini sama, hanya mediumnya yang berbeda. Nantinya, jika sarana sudah lengkap, diharapkan semua tes bisa memakai sistem komputer (CBT) yang lebih efisien dan praktis.

Peserta SBMPTN dikenakan biaya pendaftaran tes. Kira-kira biayanya Rp200,000. Namun, peserta beasiswa Bidikmisi bisa mengikuti SBMPTN dengan gratis, Kecuali peserta bidikmisi yang sebenarnya sudah diterima di SNMPTN (tapi tetap ikutan SBMPTN). Menurut Rochmat Wahab, ketua pelaksanaan SBMPTN, peserta yang lolos SBMPTN 2016 berjumlah 126,804 orang, sementara di SBMPTN 2015 115,788 orang. Semoga di 2017 makin banyak yang lolos, termasuk kamu ya. #AMINNN#

Kalau, untuk jurusan kuliah bidang khusus seperti Seni dan Olahraga ada Ujian Keterampilan (UK), yang waktu dan tempatnya telah dijadwalkan tersendiri oleh panitia SBMPTN.

Pilihan jurusan S1 yang memakai Ujian Keterampilan antara lain:

  • Seni Rupa (DKV, Desain Produk, Animasi, Fotografi, dll)
  • Seni drama, tari dan musik.
  • Ilmu Keolahragaan
  • Pendidikan Guru Olahraga
  • Pendidikan Kepelatihan Olahraga.

Apa aja sih yang dites saat uji keterampilan? Biasanya, tergantung jurusan yang diambil. Untuk bidang seni ada tes menggambar, tes wawasan seni, tes improvisasi dan imitasi gerak, tes praktik instrumen musik, dan sebagainya. Sedangkan di bidang olahraga ada tes keterampilan motorik (lari, kelincahan, sit-up, dll) serta tes kesehatan.

tes-keterampilan-img_4604

Kalian tahu belum kalau ada 10 Universitas yang menerima mahasiswa yang nilainya rata-rata paling tinggi saat SBMPTN?

Ini nih, 10 besar Universitas yang menerima mahasiswa dengan rata-rata nilai peserta         SBMPTN paling tinggi. Artinya, kalau mau masuk ke sini nilai kamu harus top, guys!

Bidang Saintek

1. Institut Teknologi Bandung‍, Rata-rata nilai 700.10
2. Universitas Indonesia‍, Jakarta. Rata-rata nilai 667.44
3. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Rata-rata nilai 648.46
4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya. Rata-rata nilai 647.54
5. Universitas Diponegoro‍, Semarang. Rata-rata nilai 620.33
6. Universitas Padjadjaran‍, Bandung. Rata-rata nilai 618.24
7. Universitas Airlangga‍, Surabaya. Rata-rata nilai 616.67
8. Institut Pertanian Bogor‍, Bogor. Rata-rata nilai 613.68
9. Universitas Sebelas Maret‍, Surakarta. Rata-rata nilai 611.00
10.Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, Yogyakarta. Rata-rata nilai 606.68

Bidang Soshum

1.Universitas Indonesia, Jakarta. Rata-rata nilai 669.52.
2.Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Rata-rata nilai 652.92.
3.Institut Teknologi Bandung, Bandung. Rata-rata nilai 651.97.
4. Universitas Padjadjaran, Bandung. Rata-rata nilai 621.78.
5. Universitas Diponegoro, Semarang. Rata-rata nilai 617.99.
6. Universitas Airlangga, Surabaya. Rata-rata nilai 616.66.
7. Universitas Brawijaya‍, Malang. Rata-rata nilai 606.14.
8. UPN Yogyakarta, Yogyakarta. Rata-rata nilai 598.51.
9.Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Jakarta. Rata-rata nilai 597.33.

10.Universitas Negeri Jakarta, Jakarta. Rata-rata nilai 594.19.

 

Tips – tips agar lolos SBMPTN

  1. Ikut bimbel
    Kamu yang mau ikutan test SBMPTN ikut bimbel dong, agar kamu menambah wawasan dan juga bisa mencoba soal-soal baru yang di berikan tutor pada saat kamu ikutan bimbel. Apalagi ikut bimbelnya di Suhaymi institute pasti dah, kamu akan di berikan tips-tips yang lain juga. :)
  1. Jangan asal menjawab soal SBMPTN, karena jika salah kamu akan dapat nilai minus.
  2. Ikutan tryout SBMPTN juga penting. Selain latihan ujian dan mengukur kemampuan, dengan tryout kamu juga bisa dapat “feel“-nya SBMPTN. Seperti gimana rasanya tes ramai-ramai, menjawab soal dengan waktu terbatas, dan masih banyak lagi.
  3. Pertimbangkan baik-baik mengenai pilihan jurusanmu, baik pilihan pertama maupun kedua. Jangan hanya sekedar “yang penting lolos”.
  4. Patuhi semua syarat dan tata tertib SBMPTN. Jangan sampai telat daftar atau nggak bawa dokumen yang diperlukan di hari-H. Bisa-bisa kamu gagal deh ikut tes SBMPTN dan masuk PTNnya.
  5. Jangan lupa sebelum berangkat tes SBMPTN minta doa dan restu pada kedua orang tua, supaya tes kamu berjalan dengan lancar dan di ridhoi.
  6. Berdoa, ini merupakan tips yang paling penting dalam mengerjakan tes SBMPTN.

 

 

 

 

 

Administrator

Leave a comment