SBMPTN-730x355
SBMPTN 2017 Dan Tips-Tipsnya

SBMPTN merupakan salah satu tes untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN).  Selain itu, ada nama SNMPTN (seleksi jalur undangan yang dinilai dari prestasi di sekolah) dan Ujian Mandiri (ujian yang diselenggarakan di tiap universitas).

Dahulu, SBMPTN dikenal dengan nama Sipenmaru (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru), UMPTN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri), SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru), serta SNMPTN Tulis. Nah, supaya nggak rancu dengan SNMPTN jalur undangan, maka nama tes ini diubah menjadi SBMPTN. Ada sih jalur lain, yaitu PMDK. Ini semacam penerimaan langsung, namun sangat terbatas. Biasanya, hanya untuk anak-anak berprestasi “tingkat dewa”, alias pinter banget, dan dari sekolah  unggulan.

Tahu nggak guys, berapa kuota penerimaan mahasiswa melalui jalur SBMPTN?

Kuota penerimaan lewat jalur SBMPTN minimal adalah 30 %.

Yang bisa ikutan SBMPTN 2017 adalah lulusan SMA, SMK dan sederajat, tahun 2017, 2016 dan 2015. Baik lulusan 2016 dan 2015 yang belum kuliah, yang sudah kuliah, yang sudah di terima di PTN dengan jalur lain atau yang sudah diterima SBMPTN di tahun sebelumnya, boleh ikutan SBMPTN 2017. Tiap tahun, jadwal pendaftaran SBMPTN berlangsung setelah SNMPTN. Tes dan pengumumannya juga setelah SNMPTN.

Sudah tahu belum jadwal SBMPTN tahun ini?

Kalau belum tahu baca ini betul-betul ya!!

Jadwal Penting SBMPTN 2017

  1. Video Tata Cara Pendaftaran Online SBMPTN dapat diunduh mulai tanggal 4 April 2017.
  2. Pendaftaran Online SBMPTN (PBT dan CBT) dibuka mulai tanggal 11 April 2017 pukul 08.00 WIB sampai dengan tanggal 5 Mei pukul 22.00 WIB.
  3. Ujian tertulis (PBT dan CBT) dilaksanakan pada tanggal 16 Mei 2017.
  4. Ujian Keterampilan (bagi peserta yang memilih program studi tertentu) dilaksanakan pada tanggal 17 dan/atau 18 Mei 2017.
  5. Pengumuman hasil seleksi SBMPTN dapat diakses melalui laman http://sbmptn.ac.id  dan laman mirror di beberapa PTN mulai tanggal 13 Juni 2017 pukul 14.00 WIB.

(sumber : https://sbmptn.ac.id/?mid=20)

ugm

Tes  SBMPTN hanya berlangsung dalam satu hari, bersamaan antara kelompok soal Sosial Humaniora (IPS), Sains Teknologi  (IPA) dan yang ikutan kedua tesnya alias Ilmu Pengetahuan Campuran. Hanya beda waktu tes aja, antara IPA, IPS dan IPC. Materi tesnya adalah Tes Kemampuan dasar dan Potensi Akademik (sama untuk IPA, IPS, dan IPC), tes Sains Teknologi (untuk IPA) yang mencakup Matematika, Biologi, Fisika, dan Kimia serta Tes Sosial Humaniora (untuk IPS) yang mencakup Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi.

Lokasi tempat tes berlagsung biasanya sudah ditentukan oleh panitia SBMPTN yang tersebar di sekolah/universitas/gedung di kota masing-masing. Biasanya, peserta dari berbagai sekolah akan diacak penempatannya dan digabung dengan sekolah lain. Ujian SBMPTN terbagi 2 jenis, yaitu PBT (Paper Based Testing) dan CBT (Computer Based Testing). Pada prinsipnya kedua tes ini sama, hanya mediumnya yang berbeda. Nantinya, jika sarana sudah lengkap, diharapkan semua tes bisa memakai sistem komputer (CBT) yang lebih efisien dan praktis.

Peserta SBMPTN dikenakan biaya pendaftaran tes. Kira-kira biayanya Rp200,000. Namun, peserta beasiswa Bidikmisi bisa mengikuti SBMPTN dengan gratis, Kecuali peserta bidikmisi yang sebenarnya sudah diterima di SNMPTN (tapi tetap ikutan SBMPTN). Menurut Rochmat Wahab, ketua pelaksanaan SBMPTN, peserta yang lolos SBMPTN 2016 berjumlah 126,804 orang, sementara di SBMPTN 2015 115,788 orang. Semoga di 2017 makin banyak yang lolos, termasuk kamu ya. #AMINNN#

Kalau, untuk jurusan kuliah bidang khusus seperti Seni dan Olahraga ada Ujian Keterampilan (UK), yang waktu dan tempatnya telah dijadwalkan tersendiri oleh panitia SBMPTN.

Pilihan jurusan S1 yang memakai Ujian Keterampilan antara lain:

  • Seni Rupa (DKV, Desain Produk, Animasi, Fotografi, dll)
  • Seni drama, tari dan musik.
  • Ilmu Keolahragaan
  • Pendidikan Guru Olahraga
  • Pendidikan Kepelatihan Olahraga.

Apa aja sih yang dites saat uji keterampilan? Biasanya, tergantung jurusan yang diambil. Untuk bidang seni ada tes menggambar, tes wawasan seni, tes improvisasi dan imitasi gerak, tes praktik instrumen musik, dan sebagainya. Sedangkan di bidang olahraga ada tes keterampilan motorik (lari, kelincahan, sit-up, dll) serta tes kesehatan.

tes-keterampilan-img_4604

Kalian tahu belum kalau ada 10 Universitas yang menerima mahasiswa yang nilainya rata-rata paling tinggi saat SBMPTN?

Ini nih, 10 besar Universitas yang menerima mahasiswa dengan rata-rata nilai peserta         SBMPTN paling tinggi. Artinya, kalau mau masuk ke sini nilai kamu harus top, guys!

Bidang Saintek

1. Institut Teknologi Bandung‍, Rata-rata nilai 700.10
2. Universitas Indonesia‍, Jakarta. Rata-rata nilai 667.44
3. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Rata-rata nilai 648.46
4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya. Rata-rata nilai 647.54
5. Universitas Diponegoro‍, Semarang. Rata-rata nilai 620.33
6. Universitas Padjadjaran‍, Bandung. Rata-rata nilai 618.24
7. Universitas Airlangga‍, Surabaya. Rata-rata nilai 616.67
8. Institut Pertanian Bogor‍, Bogor. Rata-rata nilai 613.68
9. Universitas Sebelas Maret‍, Surakarta. Rata-rata nilai 611.00
10.Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, Yogyakarta. Rata-rata nilai 606.68

Bidang Soshum

1.Universitas Indonesia, Jakarta. Rata-rata nilai 669.52.
2.Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Rata-rata nilai 652.92.
3.Institut Teknologi Bandung, Bandung. Rata-rata nilai 651.97.
4. Universitas Padjadjaran, Bandung. Rata-rata nilai 621.78.
5. Universitas Diponegoro, Semarang. Rata-rata nilai 617.99.
6. Universitas Airlangga, Surabaya. Rata-rata nilai 616.66.
7. Universitas Brawijaya‍, Malang. Rata-rata nilai 606.14.
8. UPN Yogyakarta, Yogyakarta. Rata-rata nilai 598.51.
9.Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Jakarta. Rata-rata nilai 597.33.

10.Universitas Negeri Jakarta, Jakarta. Rata-rata nilai 594.19.

 

Tips – tips agar lolos SBMPTN

  1. Ikut bimbel
    Kamu yang mau ikutan test SBMPTN ikut bimbel dong, agar kamu menambah wawasan dan juga bisa mencoba soal-soal baru yang di berikan tutor pada saat kamu ikutan bimbel. Apalagi ikut bimbelnya di Suhaymi institute pasti dah, kamu akan di berikan tips-tips yang lain juga. :)
  1. Jangan asal menjawab soal SBMPTN, karena jika salah kamu akan dapat nilai minus.
  2. Ikutan tryout SBMPTN juga penting. Selain latihan ujian dan mengukur kemampuan, dengan tryout kamu juga bisa dapat “feel“-nya SBMPTN. Seperti gimana rasanya tes ramai-ramai, menjawab soal dengan waktu terbatas, dan masih banyak lagi.
  3. Pertimbangkan baik-baik mengenai pilihan jurusanmu, baik pilihan pertama maupun kedua. Jangan hanya sekedar “yang penting lolos”.
  4. Patuhi semua syarat dan tata tertib SBMPTN. Jangan sampai telat daftar atau nggak bawa dokumen yang diperlukan di hari-H. Bisa-bisa kamu gagal deh ikut tes SBMPTN dan masuk PTNnya.
  5. Jangan lupa sebelum berangkat tes SBMPTN minta doa dan restu pada kedua orang tua, supaya tes kamu berjalan dengan lancar dan di ridhoi.
  6. Berdoa, ini merupakan tips yang paling penting dalam mengerjakan tes SBMPTN.

 

 

 

 

 

kacamata radiasi
Mata Kamu Sering Sakit Saat Di Depan Komputer? Mungkin Kamu Perlu Menggunakan Kacamata Anti Radiasi

Pada tahu belum sih, apa itu kacamata anti radiasi?,  kalau belum tahu ini nih Suhaymi institute mau ngasih tahu tentang apa itu kacamata anti radiasi.

Kacamata anti radiasi merupakan kacamata yang dibuat untuk melindungi mata dari bahaya radiasi layar televisi, komputer maupun radiasi gadget yang dapat mengganggu mata.

Fungsi kacamata ini terletak pada lensanya yang terbuat dari bahan khusus untuk menangkal radiasi layar komputer. Seiring dengan meningkatnya mobilitas masyarakat Indonesia terutama meningkatnya aktifitas di depan komputer membuat mata semakin lelah dan kering, sehingga kebutuhan akan kacamata ini semakin meningkat.

Akibat Yang Ditimbulkan Dari Radiasi Komputer

Kacamata anti radiasi sangat dibutuhkan ketika kita terlalu lama bekerja di depan komputer, karena tanpa kita sadari banyak akibat yang mengancam, selain mengancam indera penglihatan, dampak yang diberikan oleh radiasi juga mempengaruhi saraf bahkan dapat mengganggu kesehatan kita. Apa saja dampak dari radiasi yang berlebihan ini?

Berikut beberapa dampak radiasi untuk tubuh :

  1. Mengganggu Fungsi Saraf

Terlalu lama memandang monitor komputer selain membuat mata cepat lelah dan kering, hal inilah yang perlu diproteksi dengan kacamata anti radiasi, karena jika tidak akan dapat mengganggu fungsi saraf. Dimana radiasi berlebih ini dapat mengganggu fungsi saraf otak, penglihatan, serta semakin lama anda melakukan aktifitas di depan komputer terutama untuk mengetik dapat mengganggu saraf pada jari. Jari akan terasa kaku dan membuat fleksibilitas tendon jari melonggar. Dan apabila kondisi ini semakin parah maka akan membuat jari tangan anda menjadi terkunci dan kaku. Hal ini tentu akan sangat menyusahkan anda. Aktifitas di depan komputer ini juga dapat menyebabkan nyeri bahu.

  1. Mengganggu Organ Reproduksi

Selain dapat membuat postur tubuh membungkuk, pemakaian komputer dalam waktu lama dapat mengganggu organ reproduksi wanita maupun pria dikarenakan radiasi yang dipancarkan. Terutama karena anda memangku laptop dalam waktu lama, untuk para wanita radiasi laptop ini dapat mengganggu kesuburan, sedang untuk para pria juga dapat mengakibatkan impotensi. Selain memproteksi indera penglihatan dengan menggunakan kacamata anti radiasi, anda juga perlu membatasi diri anda dengan penggunaan laptop secara benar.

 

Mengenal Kacamata Anti Radiasi Komputer

korean segi ANTIRADIASI

Dimana bahaya radiasi akibat terlalu larut dengan pekerjaan di depan komputer ini lebih mengganggu kesehatan mata, bahkan dampak terparahnya dapat mengakibatkan katarak hingga kebutaan. Untuk menghindari hal-hal ini ada dua alternatif yang dapat anda lakukan, yakni menggunakan pelindung untuk layar monitor anda atau menggunakan kacamata dengan lensa anti radiasi yang berkualitas. Karena kualitas ini mempengaruhi fungsi, kualitas kacamata yang bagus akan memiliki bahan penyusunan yang tahan terhadap radiasi di kedua sisi. Lapisan anti radiasi pada kacamata ini mampu melindungi mata terhadap gelombang elektromagnetik hingga 100%. Lensa anti radiasi ini terdiri dari beberapa lapisan, yang terdiri dari lapisan anti silau, lapisan tahan air, dan lapisan lainnya yang dapat menghindarkan lensa dari debu dan kotoran, serta anti fouling.

Cara Kerja Kacamata Anti Radiasi

Dalam layar monitor alat-alat elektronik seperti gadget, televisi, laptop hingga komputer mengandung banyak gelombang elektromagnetik yang apabila terjadi dalam waktu yang lama dapat mengganggu indera penglihatan. Dampak dari gelombang elektromagnetik ini dapat berdampak secara langsung dan tidak langsung. Secara langsung gelombang elektromagnetik ini dapat membuat mata menjadi cepat lelah, kering hingga terkadang membuat mata menjadi berair. Sedangkan dampak tidak langsung yang diakibatkan dari gelombang elektromagnetik ini dapat mengganggu fungsi penglihatan hingga berakhir pada perusakan mata. Dampak-dampak inilah yang coba diantisipasi dengan penggunaan kacamata yang menggunakan lensa anti radiasi ini.

Perbedaan Kacamata Anti Radiasi Dengan Kacamata Biasa

Untuk membedakan kacamata berlapis anti radiasi dengan kacamata biasanya kurang terlihat secara kasat mata, karena kacamata ini memiliki lensa yang hampir sama dengan lensa pada umumnya, untuk mengetahui adanya anti radiasi pada kacamata dapat dicek langsung ke optik terdekat dari rumah anda. Kacamata ini mengandung senyawa logam listrik yang dapat mengantisipasi masuknya radiasi ke mata. Dan seiring berkembangnya model kacamata, kini jenis dan ragam bentuk kacamata berlapis anti radiasi ini semakin menarik, lensanya pun tidak hanya bening saja, namun ada juga lensa berwarna yang modern dan trendi.

Memilih Kacamata Anti Radiasi

Untuk mendapatkan kenyamanan dan fungsi yang maksimal, pemilihan kacamata sangat perlu dilakukan secara teliti, tidak cukup hanya memilih berdasarkan model saja, kualitas dari bahan dan lensa kacamata juga sangat perlu untuk diperhatikan. Selain dapat memberikan proteksi lebih, kualitas bahan yang bagus juga lebih nyaman untuk digunakan. Namun untuk kualitas kacamata yang lebih bagus tentu harganya akan semakin mahal. Sedangkan untuk frame dari kacamata ini dapat anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan kontur wajah anda. Agar tampilan anda tetap terlihat menarik dengan proteksi yang maksimal.

Oakley-airdrop-eyeglasses-black-ink3.jpg-600x563

Oakley-airdrop-eyeglasses-black-ink3.jpg-600×563  – Kacamata Anti Radiasi

Selain kualitas, ada beberapa hal yang juga perlu anda perhatikan terkait pemilihan frame kacamata anti radiasi. Secara umum pemilihan kacamata ini dengan kacamata lainnya hampir sama, sesuaikan frame yang anda pilih dengan bentuk wajah, karena jika pemilihan frame tidak sesuai dengan bentuk wajah, penampilan anda tentu akan terkesan kurang menarik, bahkan dapat terlihat lebih tua atau terkesan terlalu kuno. Selain bentuk wajah hal lain yang perlu anda perhatikan adalah warna kulit anda. Sesuaikan warna frame dengan warna kulit, agar terlihat lebih serasi dan tidak terlalu mencolok. Selain kedua hal tersebut sebaiknya sesuaikan dengan usia dan kebutuhan anda. Untuk anda yang masih muda sebaiknya pilih frame dengan model trendi dengan warna-warna cerah, sedang anda yang sudah dewasa dapat memilih frame kacamata dengan model simpel dan casual, agar penampilan anda terlihat fresh dan tampak lebih muda.

Selain itu hal yang tak kalah penting adalah sesuaikan dengan budget anda, karena kini kacamata yang dilengkapi dengan lapisan anti radiasi dijual dengan berbagai pilihan harga, dari ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah dapat anda pilih. Untuk mendapatkan kacamata ini anda tidak perlu repot, anda dapat langsung mengunjungi optic-optik terdekat, atau anda juga dapat mengunjungi website kami di KacamataAntiradiasi.com untuk pemesanan kacamata, banyak pilihan kacamata anti radiasi yang dapat anda pilih disini. Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

 

 

pendidikan karakter
Pentingnya Pendidikan Karakter untuk Generasi Penerus

Tahu gak kalian apa itu pendidikan karakter?

Kali ini Suhaymi mau ngasih tahu nih, apa itu pendidikan karakter, beserta tujuan dan fungsinya.

Pendidikan Karakter merupakan bentuk kegiatan manusia yang di dalamnya terdapat suatu tindakan yang mendidik diperuntukkan bagi generasi selanjutnya.

Pendidikan karakter merupakan aspek yang penting bagi generasi penerus. Seorang individu tidak cukup hanya diberi bekal pembelajaran dalam hal intelektual belaka tetapi juga harus diberi hal dalam segi moral dan spiritualnya, seharusnya pendidikan karakter harus diberi seiring dengan perkembangan intelektualnya yang dalam hal ini harus dimulai sejak dini khususnya dilembaga pendidikan. Pendidikan karakter dapat dimulai dengan memberikan contoh yang dapat dijadikan teladan bagi murid dengan diiringi pemberian pembelajaran seperti keagamaan dan kewarganegaraan sehingga dapat membentuk individu yang berjiwa sosial, berpikir kritis, memiliki dan mengembangkan cita-cita luhur, mencintai dan menghormati orang lain, serta adil dalam segala hal.

Tujuan Pendidikan Karakter

Pendidikan karakter bagi individu bertujuan agar :

  • Mengetahui berbagai karakter baik manusia.
  • Dapat mengartikan dan menjelaskan berbagai karakter.
  • Menunjukkan contoh prilaku berkarakter dalam kehidupan sehari-hari.
  • Memahami sisi baik menjalankan prilaku berkarakter.

Fungsi Pendidikan Karakter

Pendidikan karakter berfungsi untuk :

  1. mengembangkan potensi dasar agar berhati baik, berpikiran baik, dan berperilaku baik
  2. memperkuat dan membangun perilaku bangsa yang multikultur
  3. meningkatkan peradaban bangsa yang kompetitif dalam pergaulan dunia.
    Pendidikan karakter dilakukan melalui berbagai media yang mencakup keluarga, satuan pendidikan, masyarakat sipil, masyarakat politik, pemerintah, dunia usaha, dan media massa.

Dalam rangka lebih memperkuat pelaksanaan pendidikan karakter telah teridentifikasi 18 nilai yang bersumber dari agama, Pancasila, budaya, dan tujuan pendidikan nasional, yaitu:

  1.      Jujur
  2.     Toleransi
  3.     Disiplin
  4.     Kerja keras
  5.     Kreatif
  6.     Mandiri
  7.     Demokratis
  8.     Rasa Ingin Tahu
  9.     Semangat Kebangsaan
  10.     Cinta Tanah Air
  11.     Menghargai Prestasi
  12.    Bersahabat/Komunikatif
  13.    Cinta Damai
  14.    Gemar Membaca
  15.   Peduli Lingkungan
  16.   Peduli Sosial
  17.   Tanggung Jawab
  18.   religius  

Dorothy Law Nolte pernah menyatakan bahwa anak belajar dari kehidupan lingkungannya.

Berikut pernyataan beliau lebih lengkap :

  • Jika anak dibesarkan dengan celaan, ia belajar memaki
  • Jika anak dibesarkan dengan permusuhan, ia belajar berkelahi
  • Jika anak dibesarkan dengan cemoohan, ia belajar rendah diri
  • Jika anak dibesarkan dengan penghinaan, ia belajar menyeasali diri
  • Jika anak dibesarkan dengan toleransi, ia belajar menahan diri
  • Jika anak dibesarkan dengan pujian, ia belajar menghargai
  • Jika anak dibesarkan dengan sebaik-baik perlakuan, ia belajar keadilan
  • Jika anak dibesarkan dengan rasa aman, ia belajar menaruh kepercayaan
  • Jika anak dibesarkan dengan dukungan, ia belajar menyenangi diri
  • Jika anak dibesarkan dengan kasih sayang dan persahabatan, ia belajar menemukan cinta dalam kehidupan