doors-1767563_960_720 (1) Ini Tips Yang Harus Kamu Perhatikan Agar Tidak Salah Pilih Jurusan

Menentukan jurusan ketika masuk kuliah memang bukan perkara yang mudah. Terkadang keinginan yang kita miliki tidak sejalan dengan keinginan orang tua ataupun tidak sesuai dengan kemampuan kita. Mirisnya, kebanyakan dari kita salah memilh jurusan yang berakibat juga dalam menentukan karir kerja kedepannya. Hal ini kemudian menjadi masalah yang harus dipikirkan jauh-jauh hari, bukan ketika mendekati lulus SMA. Nah, kali ini Suhaymi akan membagikan beberapa tips yang harus diperhatikan agar tidak salah memilih jurusan. Apa saja?

1. Sesuaikan minat dan bakat
Hal pertama yang kalian harus perhatikan dalam memilih jurusan kuliah adalah minat dan bakat. Mengapa ini penting, karena hal inilah yang akan menentukan langkah kalian selanjutnya agar tidak salah pilih jurusan. Minat adalah hal yang berkaitan dengan kesukaan atau hobi. Misalnya kalian yang hobi menggambar bisa memilih jurusan desain komunikasi visual (DKV) atau arsitek. Sedangkan bakat adalah kemampuan atau skill yang kalian miliki. Misalnya kalian yang berbakat dalam bidang hitung-hitungan, bisa memilih jurusan sains seperti matematika atau teknik. Ketika sudah tahu bakat dan minat yang kalian miliki, kecil kemungkinan untuk salah dalam memilih jurusan.

2. Kenali jurusan yang akan dipilih
Setelah mengetahui minat dan bakat yang kalian miliki, ada baiknya mencari informasi sebanyak mungkin tentang jurusan yang akan kalian pilih. Karena terkadang minat dan bakat yang kita miliki belum tentu sesuai dengan jurusan yang akan kita pilih. Informasi mengenai hal ini bisa kalian dapatkan dari berbagai sumber. Bisa dari teman, keluarga, ataupun internet. Gali informasi sebanyak mungkin, mulai tentang apa yang akan kalian pelajari sampai rata-rata waktu lulusnya berapa tahun. Hal ini sangat penting agar ketika sudah kuliah di jurusan tersebut tidak ada penyesalan didalamnya.

3. Perhatikan masalah biaya
Masalah biaya juga menjadi pertimbangan yang penting dalam memilih jurusan kuliah. Terkadang jurusan kuliah yang kita inginkan tidak sesuai dengan perekonomian orang tua. Misalnya jurusan kedokteran yang memiliki biaya relatif mahal. Tapi tenang saja, selama kalian memiliki keinginan dan usaha yang besar ada banyak beasiswa yang ditawarkan ketika masuk kuliah. Misalnya saja beasiswa bidik misi dari pemerintah, beasiswa ini menanggung seluruh pembayaran kuliah. Ini bisa kalian manfaatkan untuk mengurangi beban orang tua. Kalian harus menjadi mahasiswa yang rajin dan aktif mencari beasiswa selama berkuliah.

4. Diskusikan dengan orang tua
Tidak ada salahnya mendiskusikan tentang jurusan kuliah dengan orang tua. Mereka bisa menjadi penasehat yang baik, karena orang tua permah mengalami masa perkuliahan atau masa bekerja. Terkadang orang tua menyarankan untuk memilih jurusan kuliah yang tidak sesuai dengan minat dan bakat kita, disitulah gunanya berdiskusi. Kalian bisa saling bertukar pikiran dengan orang tua untuk menghindari pemilihan jurusan kuliah secara terpakasa. Saran-saran dari orang tua juga bisa kalian kombinasikan dengan keinginan kalian. Bagaimana pun, dengan melakukan diskusi dengan orang tua akan membuat pikiran kalian lebih terbuka. Orang tua juga menjadi penyemangat dan doa dalam memuluskan jalan kalian untuk masuk jurusan yang kalian inginkan.

5.Komitmen
Setelah melakukan serangkaian tips di atas, selanjutnya adalah membuat komitmen dengan diri kalian sendiri. Ini menjadi hal yang harus kalian pertimbangkan juga dalam memilih jurusan. Dengan membuat komitmen kalian akan lebih bisa menghargai setiap keputusan yang kalian ambil. Pertanyaan yang harus kalian jawab adalah seberapa jauhkah kalian berkomitmen untuk kuliah di jurusan tersebut? Apa kalian akan merelakan waktu untuk menghabiskan masa kuliah di jurusan tersebut? Pastikan untuk berkomitmen sejak awal sebelum masuk kuliah, agar tidak ada penyesalan dikemudian hari. Sehingga ketika telah menjalani perkuliahan, beban yang kalian emban terasa ringan dan kalian bisa enjoy menjalaninya.

Administrator

Leave a comment